Rabu, 17 Agustus 2011

DESIGN SHOWCASE IN PUBLIC AREA



(DKV-Universitas Paramadina). Pameran karya mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV), kali ini merupakan hasil dari karya mata kuliah DKV 4. Karya ini dipamerkan di lobby gedung A universitas Paramadina. Pameran ini berkolaborasi dengan mahasiswa Desain Produk Industri (DPI) yang menampilkan furniture dari mata kuliah DPI 4. Kolaburasi pameran ini merupakan aktivitas yang biasa dilakukan mahasiswa agar lebih mendekatkan desain dengan publik. Pameran tidak dilakukan di dalam ruang untuk merespon masyarakat langsung di area lokasi. Mahasiswa dapat melihat langsung bagaimana respon publik dan berkomunikasi langsung dengan siapapun. Pameran ini juga mendapat respon cukup baik dari masyarakat sivitas akademika, bahkan ada yang ingin membeli beberapa karya ini. Karya yang selesai dan layak tampil adalah tuntutan dari mata kuliah, dimana mahasiswa dilatih untuk membuat sesuatu yang bisa ditampilkan atau digunakan oleh orang lain. Hasil mata kuliah bukan berujung dikampus , tetapi pada pameran-pameran di ruang publik dan ini adalah salah satu ruang publik tersebut. Program studi desain mendorong mahasiswanya untuk berani tampil dalam berbagai kegiatan pameran di luar kampus.


ShareThis
 

KULIAH UMUM : Pemahaman Bahasa Visual, Perluasan Eksplorasi Desain


(DKV-Universitas Paramadina) Ilmu desain berujung pada kemampuan membuat karya yang estetis dan mampu menarik perhatian target konsumen atau audiensnya. Kemampuan ini ditunjang oleh kecermatan dalam memformulasikan unsur estetika dan komunikasi untuk mencapai tujuan. Kedua hal di atas harus ditunjang oleh satu kemampuan lagi, yaitu : pemahaman bahasa visual. Pemahaman ini menjadi pendukung kedua kemampuan utama tadi, sebagai wawasan dalam pertimbangan mengambil keputusan desain.
Desain menghubungkan atau menyambungkan komunikasi antara konsumen atau audiens melalui bahasa visual. Sebagaimana bahasa, yang divisualisasikan melalui berbagai huruf, maka komunikasi desain divisualisasikan melalui tanda yang mengandung arti atau maksud tertentu.
Kemampuan memahami tanda-tanda visual memberikan keluasan dalam eksplorasi bentuk untuk mencapai solusi yang maksimal. Sebaliknya keterbatasan wawasan dan pemahaman tanda-tanda visual menyebabkan desainer kesulitan mencari pendekatan-pendekatan bentuk baru yang inovatif, keluar dari pakem-pekem visual yang berlaku.
Kuliah umum ini menampilkan Bpk. Merwan Yusuf, MFA. Beliau adalah salah satu pakar dibidang seni, dan merupakan salah satu pengajar di Universitas Paramadina. Beliau merupakan lulusan Jurusan Seni Rupa di Eiocole Nationale Superiuer des Beaux Arts dan melanjutkan Studi Sejarah dan Peradaban di Ecole des Hautes en Sciences Sociales, di Paris. Selain aktivitasnya di bidang akademik, Bapak Merwan Yusuf menjadi seorang kurator diberbagai event.


ShareThis
 

Kuliah Umum Dr. Yasraf A. Piliang








(DKV-Universitas Paramadina). Setelah mampu menggambar dan memahami nirmana (berupa komposisi, warna, bentuk dsb.), maka langkah berikutnya adalah konsistensi dalam menerapkannya pada desain hingga terlatih membuat bentuk-bentuk yang memiliki nilai estetika. Selanjutnya, kemampuan ini diarahkan untuk meyampaikan pesan tertentu sesuai dengan tujuan untuk mengkomunikasikan pesan tertentu secara visual sesuai tujuannya.
Bentuk tidaklah berhenti pada pencapaian estetika, namun harus mencapai tujuan dari perancangan itu sendiri. Desain harus memiliki muatan komunikasi. Berbagai bentuk yang disusun dalam desain harus memiliki makna, tanda, simbol dan sebagainya yang akan ditangkap dan dimengerti dengan baik oleh audiensnya.
Untuk itu Program studi DKV mengadakan kuliah umum bertema “Semantika Desain”. Semantika ini adalah ilmu mengenai tanda dan makna. Kemampuan ini dapat dijadikan metode untuk mempertajam unsur komunikasi dalam desain.
Kuliah umum ini menghadirkan Bpk. Dr. Yasraf Amir P.,pakar semiotika dari Institut Teknologi Bandung. Kuliah umum ini menampilkan beberapa contoh aspek komunikasi dalam desain yang digambarkan dalam bentuk simbol, komposisi, warna, dan sebagainya. Dicontohkan pula bahwa ternyata pada saat beberapa gambar pada sebuah poster ditutup, maka terjadilah perubahan informasi dan makna.
Kuliah Umum ini diselenggarakan pada tanggal 23 Nopember 2009.




ShareThis
 

Workshop Aplikasi Warna "Coluorburatif”


(DKV-Universitas Paramadina). Workshop aplikasi warna, kerjasama Universitas Paramadina dengan Merck, sebuah perusahaan pigmen warna yang diadakan pada tanggal 24 Nopember 2009 bertempat di Ruang C1 dan Plataran Gedung Studio C
Mahasiswa program studi DKV turut serta dalam workshop “Coluorburatif”, yang bertujuan memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai warna dan aplikasinya dalam karya desain.
Warna tidak hanya memberikan keindahan melalui kombinasinya, namun juga memiki sImbol, makna dan nuansa dari desain. Pengolahan dan pemilihan warna yang tepat dapat mempertegas makna dari pesan yang disampaikan atau yang dikomunikasikan dalam desain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar